Linux Fedora

Fedora merupakan salah satu distro linux. Distro ini telah tersusun atas paket aplikasi office, multimedia, game, internet, grafik, server dan lain-lain. Hal ini menjadikan Fedora sangat cocok digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan server.

Fedora menggunakan manager paket RPM Package Manager (dahulu dikenal dengan sebutan RedhatPackage Manager yang disingkat RPM) dan manajemen paket aplikasi yum. RPM ini berfungsi sebagai alat bantu dalam melakukan instalasi, deinstalasi, verifikasi dan kueri perangkat lunak.

Fedora dikembangkan oleh Fedora Project dan komunitas Fedora dan disponsori oleh Red Hat. Pengembangan Fedora dilakukan secara terbuka dan bersama, sehingga siapapun dapat turut serta berkontribusi dalam pengembangan Fedora kedepannya agar menjadi yang lebih baik lagi. Fedora juga dapat didistribusikan kepada siapa saja secara bebas.

Proyek pengerjaan Fedora dimulai dari akhir tahun 2003 sejak Red Hat Linux secara resmi dihentikan. Fedora dijadikan alat percobaan untuk menciptakan generasi Red Hat Linux Enterprise yang lebih unggul dan layak jual. Red Hat Enterprise Linux sendiri adalah distro Linux yang didukung secara resmi oleh Redhat, sementara Fedora menjadi distro komunitas.

Nama Fedora sendiri berasal Fedora Linux, relawan yang mengembangkan perangkat lunak tambahan untuk Red Hat Linux. Dan logonya diambil dari topi kulit (Fedora) yang digunakan dalam logo Red Hat (Shadowman). Fedora sendiri merupakan merek dagang dari Red Hat.

Source : Theliberty

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s