Cara gampang nge-Blog di WordPress menggunakan Word 2007

Topik ini sudah banyak dibahas di berbagai blog, karena saya pun belajar dari sana. Setelah dicoba, ada beberapa hal yang kurang pas, jadi harus tetep kembali ke Dashboard. Tapi untuk quick posting yang sederhana, cara ini cukup efektif.

Blog ini dibuat sekitar Februari 2011, setelah itu jarang sekali diupdate atau posting, cuma sekedar membalas komentar dari pengunjung yang bersedia mampir. Hal ini karena bandwith yang kurang oke ketika masuk ke Dashboard, sampai sekarang juga masih hehehe…, cuman rada kenceng dikit. Sedikit usaha yang dilakukan adalah dengan mencari cara bagaimana Blogging Off-Line, sempet ketemu program yang sederhana, tapi kembali ke persoalan diatas, “banyak yang kurang pas”.

Kegiatan blogging diaktifkan kembali, karena ada permintaan dari seorang sahabat untuk membuat tautan dari website Edutech yang beliau rancang. Searching blogging offline kembali dilakukan, berbagai aplikasi sudah dicoba, dari yang HTML sampai WYSWYG. Keputusan terakhir, Word 2007 menjadi aplikasi yang sangat bisa dimaklumi, tentunya jangan bosan untuk kembali menggali lebih dalam Dashboard WordPress agar tampilan bisa sesuai dengan Theme yang digunakan. Posting ini merupakan sharing dari beberapa kendala yang ditemui dalam blogging, dan WordPress memberikan support yang sangat baik.

Theme
Wordpress memberikan theme-theme yang bisa digunakan, baik yang free maupun premium. Pada Dashboard di menu Appearance -> Theme, klik Preview untuk melihat tampilannya, kalo cocok tinggal Activate saja. Kalau tampilan preview tidak sesuai dengan contoh theme, wajar saja karena ada beberapa fasiltas dalam theme harus diubah. Pemilihan theme bagi saya merupakan hal yang penting, karena menginginkan tampilan yang sederhana, informatif dan memudahkan bagi pengunjung. Antara lain theme menyediakan fasilitas “read more…” secara langsung, sehingga ketika dibuka tidak terlihat postingan full yang akan memenuhi halaman browser, dan tentunya akan menyedot bandwith yang banyak. Kalau pun theme yang yang dipilih tidak ada fasilitas tersebut, bisa ditambahkan didalam postingan yang kita buat dengan “insert more tag” pada paragraf yang akan dipenggal.

Blog Offline
Untuk memulai blog dengan word 2007, klik pada Office Button -> New -> New blog post -> Create
Akan muncul tampilan New Blog Account seperti dibawah, jika tidak ada klik di Manage Accounts -> New


Pilih wordpress sebagai blok account.

ganti http://<Enter your blog URL here>/xmlrpc.php sesuai nama blog yang digunakan, isikan User Name dan Password sesuai akun di wordpress, serta centang di Remember Password.

Penulisan posting blog bisa dimulai ketika tampilan dibawah sudah muncul. Category posting dimunculkan dengan klik Insert Category. Untuk meng-edit posting yang sudah pernah ditulis, klik saja Open Existing.

Selanjutnya tulis semau-maunya atau copy dari file yang sudah ada. Setelah selesai, klik Publish.

Cukup mudah kan, cuma ada beberapa masalah ketika membuat posting dan di publish. Misalnya, equation tidak bisa ditampilkan di browser, sehingga harus dirubah menjadi format gambar. Print Screen saja, crop dan resize sesuai kebutuhan.

Sepertinya itu saja yang bisa disharing, learning by doing is usefull selama mbah google masih ada.

Advertisements

One thought on “Cara gampang nge-Blog di WordPress menggunakan Word 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s